TOT CHARACTER BULIDING 2012 Makassar

Ini cerita saya diwaktu gue ikut training of trainer (TOT) pendidikan karakter di makassar, sulawesi selatan, tanggal 28 November sampai 4 Desember. Syarat untuk ikut acara ini lumayan rempong lho, mau tau?
1. Fotocopy ktp
2. Surat keterangan sehat dr dokter
3. Surat ijin lembaga/oragnisasi
4. Aktif dalam lembaga minimal 3 tahun
5. Ijazah
6. Sertifikat ikut kegiatan minimal 2 tahun terakhir.
7. Buat makalah tentang pembangunan karakter.
8. SKCK (ini yg paling rempong, krn harus ke kapolres yg jaraknya jauh)
Cerita singkatnya, gue berhasil berangkat kesana. Berangkat mewakili jateng dengan rincian dari solo 3 orang dan dari semarang 1 orang. Berangkat bersama perwakilan jogjakarta yang juga 3 orang juga. Kami berangkat dari bandara adi sucipto jogja. Ada yang menarik, dlm keberangkatan ke jogja, gue kesiangan dan harus naik taksi dari solo ke jogja, untuk pesawat blm meninggalkan gue yg ganteng ini. 

 Pembicara public speaking, bpk mustafa ridho yang juga menyumbangkan nasyid, secara beliau adalah munsyid dr shoutul harokah


gue pikir mau foto2, ternyata sholat dhuha..keren
Ini gue, foto dg kamera hp...pakai mode otomatis


dipantai akarena makassar, outbound .

Jujur, baru pertama ini gue naik pesawat, jadi pas dipesawat agak ndeso gitu deh :p tapi yang paling menegangkan adalah ketika ada adegan mau jatuh gitu, bikin jantung hampir ketinggalan. Berangkat dari jogja tidak langgsung ke makassar, namun harus singgah dulu ke bandara juanda kembang surabaya. Setelah singgah barulah menuju ke makassar dengan waktu tempuh hampir 2 jam, mendarat di bandara hasanudin makassar. Ternyata dibandara sudah ditunggu sama panitia, akhirnya rombongan kita (jateng dan jogja) diantar ke hotel singgasana (hotel yg konon bintang 4). Petualangan ini akan dimulai, di hotel ini, selama 7 hari ke depan...heuheu. Isi acaranya banyak, mulai pagi: olah raga - sarapan - mandi - materi 1 - break - materi 2 - ishoma - malam materi - tidur. 


 Dik doang juga mengisi materi

Begitulah ritmenya, hampir sama, tiap hari ada 3 materi, dan materi berakhir pada jam 11 malam. Pada awalnya, gue pikir gue yang ngantuk doang, ternyata peserta yang lain banyak juga yang ngantuk, setelah mendengarkan pembicaraan mereka ketika break materi. Materinya antara lain: tentang character buiding yg di isi oleh bp drs. imam gunawan (asisten deputi kemenpora), ada juga tentang media yg diisi dr KPI (lupa nama ibu pematerinya), trus ada public speaking (bpk. mustafa ridho, yg ternyata anggota shoutul harokah), trus ada materi analisis sosial, sosial preneuer sama dik doank, materi heart intelegence (HI). Yang paling gue heran adalah ketika materi tersebut disampaikan, banyak peserta yang ngantuk, tapi ketika sesi tanya jawab.....jari yang ngantuk tadi tiba tiba menjadi banyak!! -__-" (katanya: biar gk ngantuk..mari bertanya :D ) Jujur kacang ijo, materi yang disampaikan kebanyakan gue sudah pernah dapet..bukannya sombong..tp dpt materi hampir sama..hmmm. 

Hari ke-6 sebelum acara selseai, akhirnya ada outbound, dan lokasi outbound adalah pantai akarena. Menikmati pantai, berfoto ria, sebelum kami semua kembali ke daerah masing-masing. Pada hari yang sama juga, malam hari kami menampilkan inagurasi budaya, dari tempat gue, digabung menjadi 4 daerah yaitu jawa barat, yogyakarta, jawa tengah, dan jawa timur. Yang ditampilakan pada grup ini adalah lagu daerah, dari jawa barat membawakan lagu daerah manuk dadali, jawa tengah membawakan ilir-ilir, yogyakarta suwe ora jamu, sedangkan jawa timur membawakan lagu daerah jaranan, yang perlu diketahui adalah ketika ada satu daerah tadi yang menyanykan lagu daerahnya, kami juga harus ikut nyanyi. Inagurasi dari semua provinisi itu berakhir jam 2 malam...heuheu..ngantuks berat. Segitu dulu cerita gue, amat terasa banget ukhuwahnya, apalagi setelah berpisah dan harus kembali ke daerah masing-masing. Alhamdulillah, ada forum di pesbuk yg mewadahi ke kangenan kita. miss u all :O Solo 13 desember 2011

Comments