Membuat Anak Minat Membaca

Pada tanggal ini (17/5) memperingati hari buku, cocok rasanya mungkin berbicara minat baca anak usia dini (TK.)  Karena, buku selalu berkaitan erat dengan membaca. Pada anak usia SD sendiri memang masih senang dalam bermain, jadi untuk mengatakan 'belajar' mereka mungkin belum paham. Namun, anak selalu dapat memvisualisasikan kata "main" karena identik dengan bersenang - senang, dan anak suka hal tersebut.

Mengenalkan membaca tidak mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips yang menyesuaikan modalitas belajar anak, kecenderungan pada anak kalau menurut saya masih ada banyak, tipe visual, auditori, kinestetik, masih ada dalam diri mereka. Jadi memang kita yang harus mengeluarkan ke tiga modalitas tersebut. Misal kita mengenalkan membaca sambil kita mendongeng:

1. Baca dengan suara dan intonansi yang unik, tirukan suara binantang kalau memang sedang bercerita binatang.
2. Kenalkan tentang warna, nama binatang, misal "..kemudian sang macan berwarna kuning ini..."
3. Pakai bantuan boneka jari, atau peraga.


Kemudian untuk memilih buku:
1. Pilih buka yang banyak gambar, 
2. Unik (misal: bisa timbul dll) 
3. warnanya banyak.


Oke, demikian sharing dari saya, ternyata saya adalah tipe visual, punya modalitas visual. Dulu saat diberi kamus bahasa inggris bergambar, saya sangat cepat menyerap nama - nama benda dalam bahasa Inggris. Saya juga mempunyai kecenderungan ke arah bahasa, dan audiotri.
Saya juga menyukai komik yang notabene adalah mempunyai banyak gambar. Sampai sekarang kalau ingin membeli buku pun saya harus melihat covernya dulu. Sekian curcol saya :D

Comments